Rabu, 07 November 2012

Singapura Tetap Investor Terbesar di Indonesia



Ekonomi

Singapura Tetap Investor Terbesar di Indonesia




Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan hingga saat ini Singapura tetap sebagai investor terbesar di Indonesia. "Singapura saat ini tetap sebagai sumber investasi terbesar di Indonesia," kata Marty usai menyambut Menlu Singapura Shanmugam di Yogyakarta, Rabu (24/10).

Data Kemenlu menyebutkan pada 2011 nilai investasi Singapura mencapai US$5,1 miliar. Sedangkan pada kuartal III 2012 nilai investasi Negeri Singa di Indonesia mencapai US$3,5 miliar.


Marty mengatakan, nilai investasi yang terus meningkat di Indonesia itu, mengindikasikan hubungan Indonesia dan Singapura makin baik serta kuat.


"Hubungan Indonesia dan Singapura saat ini semakin menguat, hal ini tercermin dengan semakin meningkatnya investasi negara tersebut di Indonesia," katanya.


Ia mengatakan, berdasarkan data dan fakta, hubungan Indonesia - Singapura makin menguntungkan di bidang perdagangan, investasi, maupun pariwisata. "Saya kira need truly beneficial adalah kata yang tepat untuk menggambarkan hubungan Indonesia - Singapura di berbagai bidang," katanya.


Dalam pertemuan antara kedua negara tersebut, kata Marty, selain menguatkan peningkatan perkembangan investasi Singapura di Indonesia, juga dibahas mengenai kerja sama di bidang pariwisata.


Ia telah mengusulkan agar wisatawan yang berkunjung ke Singapura dianjurkan untuk datang ke Indonesia. "Setiap tahun jutaan wisatawan berkunjung ke Singapura dan Indonesia. Alangkah baiknya kalau wisatawan di Singapura diberikan insentif untuk mengunjungi kota-kota di Indonesia," katanya.


Dalam kesempatan tersebut, Marty mengatakan, kedua negara saling mendorong dan mendukung untuk mempertahankan momentum terhadap kerja sama di berbagai bidang. "Inilah manfaat dari pertemuan yang singkat, namun sangat strategis untuk saling memberi dorongan agar momentum tetap dipertahankan," katanya.(Ant/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar